Oleh Arvendo Mahardika, S.Pd., PMEC*
Pusing mengelola media sosial bisnis Anda? Wajar. Karena dengan banyaknya hal yang harus dilakukan tentang pengelolaan media sosial, sangat penting bagi #nawakBD untuk mengetahui tips produktif dalam hal ini. Sehingga, Anda bisa mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal meski dengan waktu yang sama, karena pada dasarnya semua orang sama-sama memiliki 24 jam sehari.
Dari mengelompokkan tugas-tugas serupa hingga menghindari multitasking, berikut kami sajikan 6 tips produktivitas yang akan membantu Anda bekerja lebih efisien.
Kelompokkan Tugas Serupa
Kelompokkan tugas-tugas yang serupa dan selesaikan menurut jenisnya. Misal jika Anda memiliki role sebagai seorang desainer grafis yang merangkap penjadwal postingan, lakukanlah dulu mendesain atau membuat grafisnya dulu untuk beberapa postingan, baru selanjutnya jadwalkan. Hal tersebut akan menjadikan Anda produktif karena tidak terlalu banyak pindah-pindah aplikasi. Selain itu juga dapat menghemat memori komputer Anda.
Gunakan Alat Penjadwalan Konten, Pasti Produktif
Menggunakan alat penjadwalan posting seperti Facebook Creator Studio akan memudahkan Anda ketimbang upload satu-satu. Selain itu, dengan Facebook Creator Studio, konten yang ada bisa dimaksimalkan distribusinya dengan posting ke beberapa platform sekaligus. Karena di dalam Facebook Creator Studio memungkinkan untuk memposting 1 konten sekaligus ke Facebook dan Instagram.
Daur Ulang Postingan Secara Strategis
Bosan dan tidak ada ide? Simple. Cukup daur ulang konten yang sudah pernah diposting, namun dengan strategi, tidak sekadar langsung posting. Konten yang ada sangat bisa didaur ulang dengan delivery yang berbeda. Bisa dalam bentuk copy yang berbeda, urutan yang berbeda, atau bahkan bentuk yang berbeda. Sebuah konten microblog misalnya, bisa Anda jadikan sebuah konten TikTok atau Reels yang kini baru saja diluncurkan oleh Instagram.
Produktif Tanpa Multitasking
Tips produktif selanjutnya ialah selesaikan dulu satu pekerjaan, kemudian baru mengerjakan yang lain, khususnya yang berbeda jenis agak jauh. Misal Anda seorang one-man-fighter untuk media sosial kantor Anda, Anda bisa membangun ide dulu dalam sebuah content calendar, baru setelah selesai Anda bisa mengembangkan konten baik secara visual maupun kata-kata untuk copy dan captionnya.
Mengapa menghindari multitasking sangat penting? Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa IQ Anda bisa turun dan hormon stres Anda meningkat saat multitasking. Melakukan satu tugas pada satu waktu, dengan sepenuh hati, memungkinkan Anda untuk berpikir lebih kritis dan bekerja lebih cepat daripada mencoba melakukan banyak hal sekaligus.
Evaluasi dengan Memperhatikan Analytics
Setiap bulan, atau jika Anda mau setiap pekan, tinjau kinerja media sosial Anda untuk menilai konten/campaign mana yang berhasil dan mana yang tidak. Tak ada gunanya jika Anda melakukan hal lama yang sama tapi tidak membuahkan hasil. Itulah mengapa penting untuk meninjau analytics di dashboard masing-masing platform media sosial yang Anda gunakan untuk mempelajari kinerja dan tren, untuk kemudian konten selanjutnya bsa menyesuaikan.
Evaluasi Juga Penggunaan Waktu Anda
Performa/analytics bukan satu-satunya hal yang harus Anda pelajari. Anda juga harus mempelajari berapa lama dan bagaimana Anda menghabiskan waktu untuk produktif. Anda dapat menentukan ROI sebuah project/campaign di media sosial dengan lebih baik jika Anda tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat dan menjalankannya. Menentukan waktu juga akan membantu Anda mengantisipasi berapa banyak waktu yang dibutuhkan proyek dan tugas beserta dengan hal-hal lain yang tidak terduga, misal ada revisi atau permintaan tertentu (biasanya dari atasan atau klien).
Semoga dengan artikel tentang 6 tips produktif mengelola media sosial ini, Anda bisa mendapatkan lebih banyak hasil dalam waktu yang lebih singkat. Bekerjalah lebih cerdas, bukan lebih keras.
Nah, jika Anda tidak punya waktu banyak, namun ingin mengoptimalkan pengelolaan media sosial untuk usaha, Anda bisa mempercayakannya kepada kami! Berbekal pengalaman mengelola lebih dari 30 brand, birudeun Creative Agency dengan senang hati akan membantu menjaga eksitensi bisnis Anda pada ranah digital. Tunggu apa lagi? Percayakan pengelolaan akun media sosial untuk bisnis Anda bersama birudeun Creative Agency!
*) Penulis adalah Pendiri dan Direktur Utama birudeun Creative Agency