Press Release
UMKM memiliki peran penting untuk perekonomian Indonesia. Birudeun Creative Agency (CV Birudeun Media Kreatif) mengadakan pelatihan dan kolaborasi dengan UMKM kriya kreatif Kota Wisata Batu pada Minggu (30/05/2021). Bertempat di Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu, social project pelatihan UMKM tersebut diinisiasi bersama Priyadi Soenardi, S.H., seorang ASN di kota wisata Batu yang memiliki greget dan kepedulian tinggi terhadap perkembangan UMKM di tempat asalnya.

Sharing Materi untuk Peningkatan UMKM
Bertajuk “Kontribusi Kerja Nyata” social project tersebut diisi dengan sharing materi. Materi tersebut mengenai membangun akun media sosial sebagai sarana promosi UMKM yang disampaikan oleh Direktur Utama @birudeun.id, Arvendo Mahardika, S.Pd., PMEC. “Pandemi global membuat UMKM harus mengakselerasi langkahnya untuk go digital, terlebih di Kota Wisata Batu, yang mana pariwisata menjadi unggulan,” sambung penulis buku Digitalkan Usahamu dengan Instagram tersebut.



Ia juga menyampaikan bahwa pentingnya membangun medsos juga tak lepas dari membangun konten. “Bapak ibu semua sudah punya smartphone, kan? Itu sangat bisa kita maksimalkan untuk membangun konten yang menarik dan ber-value tinggi,” kata lulusan S-1 Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Malang (UM) tersebut.

Materi berikutnya mengenai step by step membangun konten media sosial UMKM yang disajikan oleh Daniel Riky Okta P., PMEC selaku visual storyteller di birudeun Media Creative dan TikTok Marketing Enthusiast. “Peranan media sosial dalam dunia marketing saat ini sangat besar. Itulah mengapa kita harus bisa memanfaatkanya. Dengan belajar Canva setidaknya kita telah bisa membuat desain untuk konten di media sosial kita. Apalagi dengan membuat konten di TikTok aplikasi yang lagi melejit-melejitnya,” ungkap Daniel.

Terakhir, materi disampaikan oleh Shintiya Yulia Frantika., S.Pd., PMEC sebagai content writer di @birudeun.id sekaligus owner @dodolanbuku_bekas. Ia memberikan materi tentang memulai berjualan di marketplace Shopee. “Kenapa Shopee? karena Shopee memiliki keunggulan ‘naikkan produk’ yang mana ada fasilitas iklan gratis. Jadi produk kita mempunyai kesempatan dilihat banyak orang,” ujar Shintiya.
Selama pelatihan, pelaksanaan praktik Canva, TikTok, dan Shoppe juga difasilitasi oleh fasilitator dari birudeun Creative Agency, yakni Thita Anwansyah Dhinie (content writer) dan Muhammad Rifan Hidayat (fotografer/videografer).
Harapan
Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 10 orang yang mana mereka merupakan pelaku kerajinan kriya di Desa Oro-oro Ombo. birudeun Creative Agency sendiri berupaya untuk memberikan dampak sosial berupa knowledge and experience transfer kepada teman-teman UMKM kriya kreatif di desa tersebut agar dapat memaksimalkan pemasaran hasil kerajinan kriya mereka.