Oleh: Ameylia Firza Tamara, S.I.Kom.*
Konten media sosial menjadi salah satu pendorong tumbuh-kembang bisnis di era digital. Di satu sisi, penting untuk mengedepankan kualitas produk maupun jasa secara offline. Tapi di sisi lain, tidak kalah penting untuk menjaga eksistensi bisnis Anda secara online. Pengelolaan media sosial bisa menjadi salah satu solusinya. Jika pada artikel sebelumnya telah kami berikan 5 Tips Merapikan Instagram Agar Makin Stand-Out, maka pada artikel ini, kami telah merangkum empat strategi konten media sosial untuk bisnis. Simak unggahan satu ini dengan seksama!
1. Tentukan Tujuan Pengelolaan Media Sosial
Suatu bisnis tentu memiliki tujuan masing-masing. Begitu pula dengan eksistensi bisnis Anda di media sosial. Pastikan Anda telah memiliki tujuan dalam pengelolaan media sosial, ya!
Apakah media sosial Anda bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek (increase brand awareness)? Ingin meningkatkan keterlibatan audiens (increase audience engagement)? Ingin meningkatkan kunjungan situs web (increase website’s traffic)? Atau justru Anda punya tujuan lain dalam mengelola media sosial?
Dengan memiliki tujuan pengelolaan media sosial, Anda akan lebih mudah merencanakan kalender konten media sosial pada bisnis Anda.
2. Rencanakan Kalender Konten
Setelah menentukan tujuan pengelolaan media sosial, Anda harus merencanakan kalender konten berdasarkan tujuan pengelolaan media sosial Anda. Dengan kalender konten media sosial, Anda dapat mengklasifikasikan kuantitas unggahan sesuai dengan porsi masing-masing. Misalnya, unggahan yang memuat tujuan pengelolaan media sosial haruslah memiliki porsi kuantitas yang lebih banyak, jika dibandingkan unggahan lainnya.
3. Lakukan Promosi Konten
Salah satu hal yang tidak boleh luput dari strategi pengelolaan media sosial adalah distribusi konten. Strategi pengelolaan media sosial yang baik perlu mengakomodir cara agar konten pada bisnis Anda secara aktif mampu menjangkau audiens sebanyak-banyaknya. Membuat “promosi” adalah salah satu cara yang patut Anda coba.
Promosi dapat membantu Anda menemukan audiens baru, di luar lingkar audiens yang secara organik dapat dijangkau oleh bisnis Anda. Terlebih dengan fitur pengaturan promosi yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, hal ini berpotensi membantu bisnis Anda menemukan audiens yang tepat untuk produk atau layanan bisnis Anda.
4. Evaluasi Kinerja Konten
Yang tak kalah penting dari pengelolaan media sosial adalah evaluasi. Mulailah tahap evaluasi dengan audit kinerja media sosial. Amati perilaku audiens terhadap unggahan media sosial terkait. Tahap ini dapat membantu Anda menemukan model konten yang sesuai untuk bisnis dan audiens bisnis Anda. Jadikan hasil dari tahap evaluasi untuk meningkatkan kinerja media sosial yang akan datang.
Demikianlah rekomendasi strategi konten media sosial untuk bisnis Anda. Strategi pengelolaan media sosial memang perlu konsistensi, agar tujuan bisnis dapat senantiasa tercapai.
Apabila #NawakBD tertarik mengoptimalkan pengelolaan media sosial untuk bisnis, #NawakBD bisa mempercayakan pengelolaan media sosial kepada kami! Berbekal pengalaman mengelola lebih dari 30 merek, birudeun Creative Agency dengan senang hati akan membantu menjaga eksitensi bisnis #NawakBD pada ranah digital. Tunggu apa lagi? Percayakan pengelolaan akun media sosial untuk bisnis Anda bersama birudeun Creative Agency!
*) Penulis adalah Content Writer & Copywriter di birudeun Creative Agency.