Oleh: Arvendo Mahardika, S.Pd., PMEC*
Akun Instagram bisnis atau pribadi kamu mulai berdebu karena lama tak diisi? Seringkali, akun Instagram lama tak diisi karena ‘udah bingung mau posting apa lagi‘. Terlebih akun bisnis, dari mana customer bisa menjangkau produk atau jasa yang kamu tawarkan jika konten Instagram sebagai sarana promosi dan membangun engagement-nya kosong?
Seyogyanya, kamu membuat konten-konten yang menarik dan relevan bagi target customer produk atau jasa yang kamu tawarkan, hingga mereka ingin mempelajari lebih lanjut produk yang kamu tawarkan dan berujung dengan transaksi.
Nah, jika kamu bingung atau belum tahu konten seperti apa yang harus kamu bagikan pada followers, beberapa ide di bawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi buat konten Instagram bisnismu. Cekidot, yuk!
Kondisi Resto/Toko/Lapak
Kondisi tokomu sangat bisa dijadikan konten. Misal, ada sudut-sudut atau pernak-pernik yang a e s t h e t h i c. Bisa juga jika tokomu berada di jalan besar, fotokan dari POV jalan raya tersebut agar customer dengan mudah menemukan lokasi bisnismu. Sertakan juga peta, bisa berbentuk denah lokasi atau link Google Maps yang disematkan ke link di bio.
Foto/Video Produk/Jasa
Usahamu tidak punya lokasi? Lokasinya kurang representatif dan kurang estetik? Tenang… Produk/jasamu bisa menjadi value yang tidak layak untuk disia-siakan sebagai konten. Namun tentunya tidak asal potret, ya! Usahakan beri properti pendukung yang representatif, namun tak sampai membuat audience salah fokus. Contohnya seperti ini.
Aktivitas Staf/Kru
Punya kru di tokomu? Misal barista yang sering meracik kopi atau chef yang sedang memasak. Bisa juga desainer grafis yang sedang melayani klien. Mereka merupakan ide konten yang sangat sayang untuk dilewatkan. Menampilkan mereka di feed Instagram bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuat image kompak dalam bisnis Anda.
Meme/Kuis/Tebak-tebakan
Meme, kuis, atau konten hiburan lainnya juga bisa kamu manfaatkan untuk menjaring engagement dengan audience. Sekarang sudah banyak meme generator yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat konten semacam ini. Atau jika bentuknya kuis/tebak-tebakan, tak perlu susah-susah. Kuis seperti lengkapi kata yang kurang atau temukan huruf yang hilang bisa jadi alternatif.
Promo, diskon, dan konten sejenis
Siapa sih yang tidak suka diskon? Siapa yang tidak tergiur mendengar kata promo? Tentunya hampir semua orang akan menoleh jika mendengar kata tersebut. Terapkan secara berkala ke bisnismu, bisa menyesuaikan dengan hari besar atau momen-momen tertentu. Seperti ini contohnya.
Bagaimana, sudah banyak inspirasi konten? Sekarang inspirasi ada. Tapi siapa yang membangun kontennya? Ribet karena harus memikirkan produksi ditambah memikirkan konten feed?
Apabila kamu kewalahan dalam mengurusi media sosial bisnismu, bagaimana jika kami bantu? Berbekal pengalaman mengelola berbagai media sosial mulai dari UMKM hingga pemerintahan, kami siap menjadikan medsos kamu lebih stand out untuk meningkatkan brand awareness produk/jasa kamu!
Yuk, hubungi kami sekarang dengan klik link ini!