Oleh: Arvendo Mahardika, S.Pd., PMEC*
Di era saat ini, konten Instagram dengan cepat menjadi wahana untuk menjangkau calon pembeli dan mengembangkan strategi pemasaran. Dilansir dari Retail Touch Points, 72% orang membeli suatu produk setelah melihatnya di Instagram, lho! Dibanding dengan Snapchat (1%), Twitter (3%), Pinterest (22%), atau Facebook (23%), saat ini feed Instagram adalah media sosial terbaik untuk membangun keterikatan dan awareness atas brand yang kita punyai.
Namun, agar brand Anda bisa mendapatkan hasil engagement dan brand awareness yang maksimal dari Instagram, Anda tidak bisa sekadar postang-posting gambar, foto, desain, atau video-video saja.
Di Instagram, konten dibagi menjadi empat jenis, yakni feed Instagram, Instagram Stories, Instagram Live, dan IGTV.
Feed Instagram: Paling Umum
Feed Instagram ialah keseluruhan dari foto, desain, maupun video yang pernah Anda posting di akun Instagram yang Anda miliki. Mem-posting feed merupakan sebuah cara tercepat untuk menarik calon konsumen, asalkan konten yang dibangun harus memiliki tampilan visual yang menarik.
Jenis konten yang dapat diposting di feed Instagram dikelompokkan menjadi dua, yakni gambar/foto dan video. Gambar tak ada ketentuan ukuran khusus, namun video maksimal selama 60 detik dengan dimensi (1.91:1) atau 1080 x 608 jika berbentuk portrait atau berdimensi (4:5) atau 1080 x 1350 jika landscape.
Instagram Stories: Konten Instagram 24 Jam
Instagram Stories merupakan konten yang kini banyak dicontoh di aplikasi lain. Stories hanya ditampilkan selama 24 jam sejak di-posting. Posisi Stories terletak di atas feed Anda.
Stories mempunyai berbagai fungsi untuk menunjang brand awareness bagi brand Anda. Salah satunya ialah dapat memposting ulang Stories pelanggan yang me-mention kita.
Memposting ulang Stories dari pelanggan yang me-mention kita juga membuat konten Anda lebih terlihat jujur dan apa adanya, sehingga dapat memberi kesan bahwa brand Anda memang terpercaya dan tidak dibuat-buat.
Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih postingan mana yang akan Anda posting ulang, yakni pastikan bahwa Stories yang akan di-repost tersebut cocok dengan brand image yang telah/ingin Anda bangun; serta sesuai dengan target audience dan followers.
Apabila akun Anda memiliki lebih dari 10.000 pengikut, Anda bisa menambahkan link dalam bentuk swipe up atau “usap ke atas”. Fitur ini memungkinan untuk mengarahkan follower secara langsung ke landing page atau ke website Anda, sehingga bisa meningkatkan leads.
Instagram Live
Sesuai dengan namanya, Instagram Live merupakan bentuk konten di mana Anda melakukan siaran langsung. Berdasarkan penelitian Livestream, 80% orang lebih memilih menonton siaran langsung dari sebuah brand ketimbang membaca artikel di blog. Luar biasa, kan? Live Instagram ini bisa Anda gunakan untuk banyak hal. Beberapa di antaranya adalah mengumumkan produk baru, merekam event yang sedang terjadi, hingga menjalankan sesi tanya jawab secara langsung dengan follower.
Sebelum melakukan live, pastikan Anda sudah mengumumkan akan melakukan live. Baik pada website, postingan di Instagram atau dalam bentuk Stories. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak penonton dalam live Anda, semakin tinggi pula kesempatan untuk ditampilkan di “Top Live” pada fitur Explore.
Ingin Durasi yang Lebih Panjang? IGTV Jawabannya
IGTV ialah salah satu fitur yang bisa dikatakan mirip dengan YouTube. Di IGTV follower bisa menonton ulang video yang sudah Anda upload. Anda bisa menggunakan IGTV untuk berbagi video promosi produk Anda, video tutorial, behind the scene, ataupun untuk berbagai info-info terkini mengenai brand Anda.
Ada beberapa persyaratan yang harus Anda ketahui sebelum mulai berbagai video di IGTV:
- Video yang dibagikan minimal harus berdurasi satu menit, dalam format MP4, dan memiliki aspek rasio 9:16 (portrait) atau 16:9 (landscape).
- Resolusi video minimal adalah 720p dan frame rate minimal 30 FPS.
- Ukuran sampul video yang disarankan adalah 420px x 654px.
Nah, itulah ulasan mengenai 4 jenis konten yang ada di Instagram. Apabila jika Anda kesulitan dalam mengembangkan konten-konten tersebut untuk brand Anda, atau Anda punya kendala dalam mengelola medsos brand Anda, tak ada salahnya untuk berkolaborasi dengan birudeun Creative Agency! Berbekal pengalaman mengelola berbagai media sosial lebih dari 30 brand, kami siap menjadikan medsos Anda lebih stand out untuk meningkatkan brand awareness dan engagement brand Anda!